Cara Kembalikan Data Yang Hilang Atau Hidden Oleh Virus Dengan Mudah

Cara Kembalikan Data Yang Hilang Atau Hidden Oleh Virus

Hai sahabat DuniaComp semuanya, terimakasih sudah berkunjung ke blog sederhana Admin ini. Sepertinya ini postingan yang mungkin paling tidak berbobot yang Admin bagikan akan tetapi Admin tetap merasa perlu untuk share tips jadul..ini..hehehe.

Seperti judul artikel diatas maka Admin akan mencoba memberikan sedikit tips sederhana untuk kamu yang lagi galau datanya hilang oleh virus. Dari jaman batu (ups lebay dikit) virus iseng yang suka menyembunyikan data ini seperti tidak mau punah. Oke deh langsung aja tidak perlu banyak basa-basi lagi, berikut beberapa kerusakan yang disebabkan oleh VIRUS:
  1. System Crash/No respons
  2. Auto Restart
  3. Program Auto Close
  4. Cursor Attack
  5. File Injection ( biasanya pada file yang ber exstensi .EXE )
  6. Menghapus atau menyembunyikan data asli dan diganti dengan File pemicu Virus dengan nama yang sama dengan data.
  7. Dan banyak lagi trik-trik yang dibuat oleh sang pembuat Virus untuk mengecoh system bahkan Antivirus sekalipun.
Kembali kejudul maka yang akan saya bahas dibagian ini adalah point 6. yaitu bagaimana cara mengembalikan data asli kita yang disembunyikan oleh VIRUS tanpa menggunakan Tool atau Software apapun.
Cara nya :
  • Pastikan komputer sudah tidak bervirus lagi. Caranya bisa dengan instal ulang atau memasang antivirus yang lebih kuat dan terupdate. Jika komputer masih bervirus di khawatirkan data akan kembali di sembunyikan oleh virus.
  • Jalankan "Command Prompt" dengan menekan tombol "Windows + R" pada keyboard secara bersamaan lalu ketikkan "cmd" tanpa tanda kutip kemudian Enter.

  • Maka akan tampil seperti gambar dibawah ini
  • Pindah ke drive dimana data yang hilang atau di hidden oleh virus dengan cara ketik label Drive misal driver D berarti ketikkan "D:" tanpa tanda kutip lalu tekan ENTER
  • Selanjutnya ketikkan "attrib /s /d -s -h" tanpa tanda kutip lalu ENTER
  • Tunggu cursor berhenti berkedip untuk menyelesaikan proses.
  • Jika tanda telah berubah kembali ke D:\> berarti proses menampilkan data yang terhidden sudah selesai. Silahkan cek drive kamu kembali, biasanya semua data yang tersembunyi baik yang sengaja di hidden ataupun yang tidak sengaja (di hidden oleh virus) akan muncul kembali seperti semula.
  • Selesai.
Cara ini juga efektik untuk mengembalikan data yang terhidden oleh virus di Flashdisk, kartu memory hp dan lain-lain. 

Selain dengan cara manual diatas kamu juga bisa mengembalikan data yang terhidden oleh virus menggunakan antivirus Smadav. Caranya cukup mudah, silahkan download smadav versi terbaru lalu instal di komputer atau laptop lalu. Setelah berhasil terinstal dengan baik langsung saja scan drive atau flashdisik kamu. Setelah proses scan selesai nanti akan ada pemberitahuan ada data yang terhidden, tekan tombol Fix maka semua data yang disembunyikan oleh virus akan muncul kembali.

Demikian artikel singkat DuniaComp seputar Cara Kembalikan Data Yang Hilang Atau Hidden Oleh Virus Dengan Mudah. Semoga bermanfaat, silahkan share atau bagikan ke social media kamu biar makin banyak yang tahu cara mudah mengembalikan data yang hilang oleh virus tersebut. 😊

0 Response to "Cara Kembalikan Data Yang Hilang Atau Hidden Oleh Virus Dengan Mudah"

Komentar di blog ini dimoderasi sebelum ditampilkan,
Soo..jika ingin komentarnya di tampilkan jangan:
1. Spam
2. Junk
3. Sara
4. Dll yang melanggar