Cara Instal Ulang Komputer/Laptop Yang Tidak Bisa Masuk Bios

Cara Instal Ulang Komputer/Laptop Yang Tidak Bisa Masuk Bios - Instal Ulang atau yang lebih sering disebut INUL oleh para teknisi komputer dan laptop sangat mudah dilakukan. Untuk menginstal ulang notebook atau komputer kita sendiri seharusnya bukanlah suatu pekerjaan yang sulit. Sudah banyak tutorial di internet yang membahas step by step cara menginstal windows xp, windows 7, windows 8, linux, dll.

Salah satunya juga dibahas di blog ini yaitu Cara Menginstal Windows 7. Namun apa yang akan Anda lakukan jika komputer atau notebook tersebut tidak bisa di instal ulang (inul) dikarenakan Anda tidak bisa masuk BIOS untuk merubah setting First Bootnya? Hal ini sering sekali ditanyakan oleh para member di salah group facebook yang saya ikut menjadi pengurus didalamnya. Sebut saja group tersebut dengan nama Teknisi Komputer Indonesia (TKI).

Salah satu kendala utama laptop tidak bisa masuk BIOS adalah karena lupa password dan tombol sortcut Quick Bootnya juga tidak diaktifkan, sehingga menyebabkan kita tidak bisa merubah setingan BIOS untuk kepentingan instal ulang atau kepentingan lainnya yang mengharuskan kita untuk merubah setingan BIOS.

Nah, khusus pada artikel ini Admin akan membagikan bagaimana cara instal ulang laptop atau komputer yang BIOSnya terproteksi atau berpassword dan tombol cepat atau Quikboot Keynya juga tidak aktif. Berikut caranya silahkan simak denga seksama sob :v

  1. Cara pertama ini adalah cara lama yaitu dengan mereset bios ke pengaturan default pabrik untuk menghilangkan password. Mengenai cara mereset password bios akan dibahas pada bagian lain dari blog ini. (Penasaran tunggu aja artikelnya :D)
  2. Cara kedua adalah cara paling mudah dan Anda tidak perlu pusing memikirkan reset BIOS, karena dengan cara kedua ini Anda tidak perlu repot-repot mereset bios jika hanya sekedar untuk instal ulang.
Bagaimana caranya? Simak Cara Instal Ulang Komputer atau Laptop yang tidak bisa masuk bios karena berpassword tanpa clear CMOS atau reset BIOS:

  • Pastikan Notebook/Komputer Anda tidak dalam masa garansi
  • Lepas Harddisk Notebook/Komputer Anda lalu pindahkan ke kamputer/laptop lain. Boleh di gandeng (dipasang bersamaan dengan harddisk komputer Anda yang satunya), boleh juga di jadikan eksternal dulu menggunakan konverter.
  • Delete/Hapus partisi System pada harddisk laptop/komputer yang Anda gandeng atau yang Anda jadikan eksternal tadi.
  • Pasang kembali harddisk ke laptop/komputer yang tadi tidak bisa masuk BIOS.
  • Hidupkan Notebook (laptop)/Komputer dan masukkan CD/DVD Installer sistem operasi, misalkan Windows (XP/Vista/7/8 pilih salah satu)
  • Taaa...Daaaaaaa Notebook/Komputer Anda akan langsung masuk ke proses instal windows tanpa harus seting-seting BIOS :)
Demikian saja Cara Instal Ulang Komputer/Laptop Yang Tidak Bisa Masuk Bios, semoga bermamfaat bagi sobat semuanya. Jika ada bagian yang ragu pada tutorial diatas silahkan ajukan pertanyaan di kotak komentar atau langsung menghubungi Admin pada halaman kontak yang tersedia.

Comments

  1. jawaban sama sekali tidak membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawaban mana yang tidak membantu gan?? memangnya yg agan cari artikel tentang apa?

      Delete
  2. Replies
    1. agan sistem operasi sebelumnya apa? kalo windows 7/8 delete juga partisi system reserve nya.

      Delete
    2. mantap, gk kepikiran pakek cara itu gan..
      thanks ya,

      Delete
    3. thanks gan informasinya, di coba dulu gan..

      Delete
  3. mau tanya kalau langsung format saja bisa nda,. dari pada copot hdd,., kan repot.,.

    ReplyDelete
  4. kaga bisa tetep aja pengaturan biosnya harus boot cd room dulu :P :p

    ReplyDelete
  5. gan mau tanya laptop saya awalnya gagal starting windows bcd error lalu harddisk saya hapus tetapi setelah dihapus saya masukan cd installer maupun bootable flashdisk masih sama bcd error. tolong pencerahannya gan, thanks

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar di blog ini dimoderasi sebelum ditampilkan,
Soo..jika ingin komentarnya di tampilkan jangan:
1. Spam
2. Junk
3. Sara
4. Dll yang melanggar